Wisatawan Terseret Ombak di Tulungagung

Bopelnews–  Wisatawan Terseret Ombak di Tulungagung, BMKG: Gelombang Sedang Tinggi-tingginya

Beberapa hari lalu beredar video di media sosial yang menunjukkan wisatawan terseret ombak di Pantai Kedung Tumpang, Tulungagung, Jawa Timur.

Dalam video tersebut terlihat sekelompok pemuda sedang bermain di Pantai Kedung Tumpang. Salah satu dari mereka tampak berdiri di pinggir tebing karang, berlatar lautan lepas. Tak lama, datang ombak besar yang langsung menyapu bebatuan karang yang ada, termasuk wisatawan tersebut.

Tak lama, datang ombak besar yang langsung menyapu bebatuan karang yang ada, termasuk wisatawan tersebut. Direktur Meteorologi Maritim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Eko Prasetyo menjelaskan, sebenarnya saat ini kondisi gelombang dari selatan Sumatera, selatan Jawa, hingga selatan Pulau Sumba sedang tinggi-tingginya.

Gelombang di selatan Pulau Jawa ini cukup tinggi yang mencapai dua sampai 2,5 meter” kata Eko Prasetyo kepada Kompas.com, Jumat (18/10/2024) Menaggapi insiden tersebut, Eko menjelaskan, karena adanya energi gelombang di tambah dengan kecepatan gerak angin, ombak akan memiliki kekuatan yang dahsyat saat menghempas ke garis pantai. Alhasil, ombak tersebut dapat merusak karang atau tebing, bahkan bisa menarik manusia dan kapal.

“Agar insiden seperti itu tidak terulang kembali, di perlukan edukasi kepada wisatawan untuk berwisata yang aman, nyaman, dan indah. Keselamatan itu nomor satu jadi jangan ambil risiko saat berwisata,” jelas Eko. “Saya mewakili BMKG ingin mengimbau masyarakat dan wisatawan untuk selalu memperhatikan informasi cuaca maritim yang di keluarkan oleh BMKG guna memastikan kondisi tempat wisata aman,” tambah dia.

Ombak Besar dan Cuaca Ekstrem, Sejumlah Pantai di Malang Selatan Tutup

Ia berpesan, jika terjadi cuaca ekstrem atau gelombang tinggi, wisatawan sebaiknya jangan mendekati air dan cukup menikmati pantai dari jarak aman. Adapun pihaknya rutin memberikan informasi maritim setiap hari kepada masyarakat pesisir dan wisatawan. Sebab, kewaspadaan terhadap potensi bahaya di setiap lokasi pesisir harus di tingkatkan. “Kami juga meminta masyarakat agar tidak menyebarkan informasi hoaks yang tidak sesuai fakta karena dapat menyebabkan kepanikan

Share it:

Tags

Berita
Bolapelangi Login

Bolapelangi Login

BOLAPELANGI menghadirkan permainan digital terpopuler INDONESIA, Dan rasakan sensasi kemenangan terbaik, Daftar dan Login Agen BOLA PELANGI sekarang. https://shortq.link/bolapelangi

Related Post

Tinggalkan komentar