Warisan Dunia di Indonesia Terancam Punah

Bopelnews – Warisan Dunia di Indonesia Terancam Punah

Puluhan Situs Warisan Dunia UNESCO terancam punah pada tahun 2050 akibat perubahan iklim. Termasuk beberapa Situs Warisan Dunia yang ada di Indonesia, yang juga menjadi destinasi wisata populer.

Daftar Warisan Dunia UNESCO saat ini mencakup 1.223 situs, yang di anggap sangat penting bagi masa depan planet kita sehingga harus di lindungi selamanya. Dalam studi baru Climate X, menyoroti situs-situs mana saja yang dapat musnah karena perubahan iklim.

Lucky Ahmed menambahkan potensi dampak perubahan iklim terhadap situs-situs ini sangat besar. Namun bukan hanya warisan masa lalu, tapi juga masa kini. “Meskipun hilangnya kekayaan budaya ini – yang sebagian besar telah bertahan selama ribuan tahun – tentu saja akan sangat menghancurkan, penting juga untuk mengingat

Penelitian Climate X

Lucky Ahmed menambahkan potensi dampak perubahan iklim terhadap situs-situs ini sangat besar. Namun bukan hanya warisan masa lalu, tapi juga masa kini. “Meskipun hilangnya kekayaan budaya ini – yang sebagian besar telah bertahan selama ribuan tahun – tentu saja akan sangat menghancurkan, penting juga untuk mengingat dampak nyata perubahan iklim terhadap masyarakat dan ekonomi yang terjadi saat ini,” ujarnya. 

Daftar Situs Warisan Dunia yang terancam punah

Dari analisis tersebut mengungkapkan 50 lokasi utama berisiko jika emisi gas rumah kaca global terus meningkat seperti saat ini. Peringkat teratas adalah Sistem Subak di Indonesia, yang rentan terhadap banjir permukaan, cuaca panas ekstrem, dan risiko kekeringan. Posisi kedua ditempati oleh Taman Nasional Kakadu di Australia, yang berisiko mengalami banjir dan kebakaran hutan, serta Quanzhou: Emporium Dunia di Tiongkok, yang berisiko mengalami kekeringan, ada di posisi ketiga.

Sementara selain  Situs Warisan Dunia yang ada di Indonesia yang terancam puncah lainnya adalah Tambang Batubara Ombilin di Sawahlunto dan Taman Nasional Komodo. Kedua situs warisan dunia tersebut rentan terhadap  banjir permukaan, cuaca panas ekstrem dan risiko kekeringan. 

Warisan Dunia di Indonesia Terancam Punah


Share it:

Bolapelangi Login

Bolapelangi Login

BOLAPELANGI menghadirkan permainan digital terpopuler INDONESIA, Dan rasakan sensasi kemenangan terbaik, Daftar dan Login Agen BOLA PELANGI sekarang. https://shortq.link/bolapelangi

Related Post

Tinggalkan komentar