Salah Satu Desa Yang Terkenal Hingga Mancanegara

Bopelnews – Salah Satu Desa Yang Terkenal Hingga Mancanegara

Salah Satu Desa Yang Terkenal Hingga Mancanegara , Namanya adalah Desa Aeng Tong-tong. Desa penghasil keris ini terletak di Kabupaten Sumenep, kecamatan Saronggi di ujung Timur Pulau Madura.

Perjalanan menuju Desa Aeng Tong-tong di tempuh dalam waktu 30 menit dari Kota Sumenep ke arah selatan. Mendengar kata keris, ingatan saya langsung terbayang sebuah benda pusaka yang merupakan warisan budaya sarat dengan filosofi dan nilai-nilai spiritual.

Jika dahulu keris hanya di miliki orang tertentu, sekarang setiap orang bisa memiliki keris dengan memesan pada pengrajin keris. Desa Aeng Tong-tong adalah tempat pembuatan keris yang mempunyai banyak pengrajin dan empu keris.

Produk keris yang di buat di Desa Keris Aeng Tongtong di tujukan untuk produk keris koleksi, suvenir, dan benda pusaka.

Peminat produk keris buatan Desa Aeng Tong-tong tidak hanya masyarakat dalam negeri namun sudah sampai mancanegara. Tak heran jika keris sudah mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai warisan tak benda bangsa Indonesia pada tanggal 4 November 2008.

Konon jika mencuci wajah di mata air Taman Sare ini, bisa membuat wajah terlihat tampak lebih muda dan akan mendapatkan jodoh. “Namun, perlu di ketahui bahwa jodoh ada di tangan Tuhan dan kita hanya bisa berusaha dan berdoa,” ujar pemandu kami, Rian.

Di Keraton Sumenep ada beberapa tempat yang tidak bisa di kunjungi oleh wisatawan umum, seperti ruangan tempat tidur raja, permaisuri dan anak-anaknya.

Ruangan ini di kunci rapat-rapat dan hanya bisa di lihat dari jendela luar ruangan saja. Namun dengan senang dan bangganya pada saat itu kami boleh di izinkan memasuki ruangan tersebut.

Kaki saya melangkah memasuki ruangan bersejarah itu, perlahan berjalan di atas karpet merah yang di dalamnya terdapat dinding berwarna putih.

Terdapat juga lukisan sang raja di dalam ruangan tersebut dan pemandu menjelaskan bahwa dahulu raja pernah menulis Alquran dalam waktu semalam saja.

Share it:

Bolapelangi Login

Bolapelangi Login

BOLAPELANGI menghadirkan permainan digital terpopuler INDONESIA, Dan rasakan sensasi kemenangan terbaik, Daftar dan Login Agen BOLA PELANGI sekarang. https://shortq.link/bolapelangi

Related Post

Tinggalkan komentar