Riset Terbaru IBM dan Ecosystem: Mayoritas Perusahaan Tekno di Asia Tenggara Belum Efektif Kelola AI

Bopelnews – Riset Terbaru IBM dan Ecosystem: Mayoritas Perusahaan Tekno di Asia Tenggara Belum Efektif Kelola AI

Laporan terbaru International Business Machine Corporation (IBM) mengungkapkan hanya 17 persen dari jumlah perusahaan di Asia Tenggara yang mumpuni dari sisi strategi penerapan kecerdasan buatan atau AI. Dalam kajian berjudul AI Readiness Barometer: AI Landscape, IBM menyurvei perspektif 372 pemimpin entitas teknologi dan data di Singapura, Indonesia, Thailand, Malaysia, serta Filipina.

Untuk menggarap laporan tersebut, IBM menggandeng Ecosystm, penyedia jasa riset yang kemudian yang mengumpulkan data ihwal kesiapan penerapan teknologi AI. Tim Ecosystem menyisir proses bisnis berbagai organisasi, kemudian memberikan skor. Penilaiannya berdasarkan berbagai metrik, mulai dari budaya di manajemen maupun fondasi data perusahaan.

Sebanyak 85 persen dari pemimpin perusahaan teknologi yang di survei mengakui penggunaan AI bisa membantu pencapaian target strategis. “Secara keseluruhan, upaya awal di fokuskan pada peningkatan produktivitas,” kata Ullrich. “Ada beberapa keberhasilan, namun hal ini dapat di perluas.”

Kendati begitu, studi yang sama menunjukkan bahwa kebanyakan organisasi belum mampu untuk memanfaatkan AI secara efektif. Dalam survei, hanya 17 persen responden yang mengaku memiliki tim data science dalam organisasi, sisanya tidak memiliki spesialis AI.

Sebagian besar kepala perusahaan dan organisasi yang di survei juga belum memprioritaskan tata kelola data dan kepatuhan regulasi. Padahal, tata kelola ini di butuhkan untuk mengetahui risiko dari regulator terhadap bisnis-bisnis yang berjalan. Pada 2024 dan 2025, AI hanya di prioritaskan untuk bukti konsep dan peningkatan kualitas data.

“Kesiapan AI memerlukan kepemimpinan yang kuat, strategi data yang tangguh, bakat yang tepat, dan kerangka tata kelola yang di pikirkan dengan matang,” kata General Manager IBM Asia Tenggara, Catherine Lian.

Riset Terbaru IBM dan Ecosystem: Mayoritas Perusahaan Tekno di Asia Tenggara Belum Efektif Kelola AI

Share it:

Bolapelangi Login

Bolapelangi Login

BOLAPELANGI menghadirkan permainan digital terpopuler INDONESIA, Dan rasakan sensasi kemenangan terbaik, Daftar dan Login Agen BOLA PELANGI sekarang. https://shortq.link/bolapelangi

Related Post

Tinggalkan komentar