Pertunjukan Tari Kolosal Gandrung Sewu Digelar di Banyuwangi Akhir Pekan Ini

Bopelnews–  Pertunjukan Tari Kolosal Gandrung Sewu Di gelar di Banyuwangi Akhir Pekan Ini

Pertunjukan tari kolosal Gandrung Sewu kembali di gelar di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada Sabtu, 26 Oktober 2024. Agenda tahunan ini menyuguhkan atraksi seni menawan oleh seribu penari gandrung di kawasan wisata Pantai Marina Boom.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Banyuwangi Sugirah mengatakan bahwa Gandrung Sewu merupakan salah satu budaya yang di gelar oleh Banyuwangi sebagai atraksi pariwisata.

“Pergelaran Gandrung Sewu juga menjadi ajang konsolidasi budaya sekaligus upaya melakukan pelestarian dan regenerasi kesenian gandrung,” ujar dia di Banyuwangi, Senin, 21 Oktober 2024.

Tema Gandrung Sewu

Pergelaran seni kolosal ini mengangkat tema besar “Payung Agung”. Tema ini terinspirasi dari keberagaman etnis yang ada di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu.

Banyuwangi terdiri beragam suku, mulai suku Osing Jawa, Madura, Mandar, dan Bali yang masing-masing memberikan warna pada kehidupan seni dan budaya di daerah.

Atraksi seni ini telah di gelar sejak 2012 atau 12 tahun lalu. Sejak 2023 agenda Gandrung Sewu juga menjadi salah satu kegiatan unggulan dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata.

Di ikuti Ribuan Siswa

Peminat pertunjukan ini tak pernah sepi dari tahun ke tahun. Bukan hanya orang dewasa, siswa sekolah pun banyak yang ingin terlibat. Penyelenggara pun harus menggelar seleksi karena tingginya antusias pelajar yang ingin terlibat.

“Inilah salah satu bentuk regenerasi pelaku seni yang terus kami lakukan insya-Allah Banyuwangi tidak terlalu khawatir akan keberlanjutan kesenian daerahnya. Tidak hanya Gandrung Sewu, kami juga terus akan mendukung,” ujar dia.

Rangkaian Acara Gandrung Sewu

Gandrung Sewu di meriahkan dengan serangkaian acara.Selanjutnya pada 25 Oktober 2024 akan ada Meras Gandrung pada pukul 16.00 WIB yang di lanjutkan dengan pergelaran Wayang Gagrak Banyuwangi pada pukul 19.00 WIB.

Puncak acara pertunjukan tari kolosal Gandrung Sewu berlangsung pada 26 Oktober mulai pukul 13.00 WIB di tepi Pantai Marina Boom Banyuwangi.

Share it:

Tags

Berita
Bolapelangi Login

Bolapelangi Login

BOLAPELANGI menghadirkan permainan digital terpopuler INDONESIA, Dan rasakan sensasi kemenangan terbaik, Daftar dan Login Agen BOLA PELANGI sekarang. https://shortq.link/bolapelangi

Related Post

Tinggalkan komentar