Studi Ilmiah: Pergi Liburan Bagus untuk Kesehatan Mental

Bopelnews  Studi Ilmiah: Pergi Liburan Bagus untuk Kesehatan Mental

Menghabiskan beberapa hari untuk liburan memberi manfaat positif bagi kesehatan mental.

Penelitian menunjukkan bahwa istirahat sejenak bisa meningkatkan fleksibilitas kognitif.

hal ini mungkin sulit di percaya, apalagi hanya ada sedikit literatur ilmiah yang mengeksplorasi manfaat liburan bagi otak kita. Namun, yang tidak terbantahkan adalah bahwa liburan sangat penting

Fakta tersebut di simpulkan dari penelitian yang melibatkan 46 pekerja dari sebuah perusahaan Belanda. Para pekerja di minta untuk menjalani tes dengan mereka di berikan benda dan di minta untuk menggunakan benda tersebut sebanyak mungkin dalam waktu sesingkat mungkin.

Apa yang di amati para peneliti adalah, setelah dua atau tiga minggu berlibur, para pekerja memiliki fleksibilitas kognitif yang lebih besar. .

Sebagian besar peneliti membahas efeknya dari sudut pandang biologis. Salah satu alasan utama yang melatari peningkatan fleksibilitas kognitif dan manfaat liburan secara umum adalah karena terjadinya pengurangan stres.

Liburan Bisa Melepas Stres

Fokus manfaat liburan terhadap kesehatan mental dimaksud adalah berkaitan dengan stres kronis. Kondisi itu bisa terjadi jika kita berada di bawah tekanan terus-menerus atau karena situasi yang tidak dapat kita tangani secara berkepanjangan. Indikasinya adalah kelelahan, tingkat kecemasan, lekas marah, dan kemarahan yang lebih tinggi.

Hal utama yang dapat dihasilkan dari liburan adalah mengurangi tingkat stres kronis. Saat kita menganggur, otak kita mampu membalikkan efek negatif dari stres, setidaknya untuk sementara.

Kunci agar liburan benar-benar efektif, seseorang harus memastikan bahwa liburan tersebut benar-benar membebaskan dari stres pekerjaan. Artinya, kita harus menghindari melanjutkan tugas yang tertunda, menjawab email, dan sebagainya.

Efek positif liburan terhadap kesehatan bahkan sudah bisa dirasakan sejak menunggu masa liburan tiba. Syaratnya adalah kita menikmati masa penantian tersebut. Mengapa menunggu liburan saja sudah membuat kita bahagia?

Share it:

Tags

Berita
Bolapelangi Login

Bolapelangi Login

BOLAPELANGI menghadirkan permainan digital terpopuler INDONESIA, Dan rasakan sensasi kemenangan terbaik, Daftar dan Login Agen BOLA PELANGI sekarang. https://shortq.link/bolapelangi

Related Post

Tinggalkan komentar