Pengguna Internet, Yuk Ikuti Tips Ini untuk Hindari Penipuan Phishing

Bopelnew-Pengguna Internet, Yuk Ikuti Tips Ini untuk Hindari Penipuan Phishing


Pengguna Internet, Yuk Ikuti Tips Ini untuk Hindari Penipuan Phishing
Indonesia menjadi salah satu negara di Asia Tenggara dengan deteksi serangan phishing yang cukup banyak. Yuk kenali modus dan upaya menghindari phishing.

Perusahaan keamanan siber Kaspersky pada 2023 mendeteksi hampir 500.000 upaya klik tautan phishing pada perangkat bisnis di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

Insiden phishing finansial di Indonesia tercatat sebesar 97.465 phishing pada 2023. Jumlah klik tautan phishing di sematkan di berbagai saluran komunikasi.

Salah satu saluran yang paling populer menebar link phishing adalah via email. Pasalnya, penyerang siber menggunakan email phishing yang di rancang.

Penipuan phishing ini kerap mencoba mencuri kredensial pribadi untuk mendapatkan uang atau mencuri identitas, menguasai akun online, atau mengirim sejumlah uang atau barang.

Skenario Phishing Paling Umum

Pengguna menerima email yang tampaknya berasal dari lembaga resmi, dengan peringatan yang mengharuskan pengguna mengeklik tautan untuk mengatasi masalah dengan akun pengguna.
Setelah mengeklik tautan, pengguna di Arahkan ke halaman web yang terlihat seperti situs asli lembaga tersebut.
Di sinilah bahayanya: situs tersebut sebenarnya di buat untuk mencuri informasi pribadi pengguna, seperti nama pengguna dan kata sandi.

Alasan Phishing Email Berbahaya
Phishing email kerap kali terlihat sah dan sering kali berhasil. Beberapa karakteristik umum yang di temukan dalam email phishing dan harus menjadi tanda peringatan adalah:

Tautan atau lampiran yang mencurigakan
Kesalahan ejaan atau tata bahasa yang buruk
Grafik yang tampak tidak profesional
Sapaan yang umum seperti “Pelanggan yang Terhormat” daripada menggunakan nama pengguna.

Cara Terhindar dari Phishing

Selalu mengandalkan common sense sebelum menyerahkan informasi sensitif. Jangan langsung klik tautan di email tetapi, kamu bisa mengetikkan alamat di jendela browser untuk memastikan situs tersebut asli.

Jangan pernah percaya pesan yang bersifat mendesak. Sebagian besar perusahaan terkemuka tidak akan meminta informasi identitas pribadi atau detail akun melalui email. Jika kamu pernah menerima email yang meminta informasi akun apa pun, segera hapus email tersebut lalu hubungi perusahaan untuk mengonfirmasi bahwa akun kamu aman.

Jika Anda memberikan informasi sensitif, jangan panik — atur ulang kredensial kamu di situs tempat kamu menggunakannya. Ubah kata sandi dan segera hubungi bank yang terlibat.

Jangan membuka lampiran dalam email yang mencurigakan atau aneh — terutama lampiran Word, Excel, PowerPoint, atau PDF.

Hindari mengeklik tautan yang disematkan di email setiap saat, karena tautan tersebut dapat berisi malware. Berhati-hatilah saat menerima pesan dari vendor atau pihak ketiga; jangan pernah mengeklik URL yang disematkan di pesan asli.

Selalu perbarui perangkat lunak dan sistem operasi kamu. Produk OS Windows sering menjadi sasaran phishing dan serangan berbahaya lainnya, jadi pastikan kamu aman dan perbarui perangkat lunak kamu.

Selalu jalankan sistem dengan program anti-malware terbaru

Selalu edukasi diri kamu dengan tetap mendapatkan informasi tentang penipuan umum, taktik penipuan, dan cara mengenalinya. Ikuti pembaruan dari pakar keamanan siber dan sumber resmi.

Pengguna Internet, Yuk Ikuti Tips Ini untuk Hindari Penipuan Phishing

Share it:

Bolapelangi Login

Bolapelangi Login

BOLAPELANGI menghadirkan permainan digital terpopuler INDONESIA, Dan rasakan sensasi kemenangan terbaik, Daftar dan Login Agen BOLA PELANGI sekarang. https://shortq.link/bolapelangi

Related Post

Tinggalkan komentar