Haruskah Jalan Kaki 10 Ribu Langkah Biar Tak Mati Muda? Begini Studinya

Bopelnews –  Haruskah Jalan Kaki 10 Ribu Langkah Biar Tak Mati Muda? Begini Studinya

Haruskah Jalan Kaki 10 Ribu Langkah Biar Tak Mati Muda? Begini Studinya

Meskipun begitu, peneliti tetap mengingatkan betapa pentingnya untuk mengurangi frekuensi duduk dan memperbanyak bergerak.

“Ini bukan sama sekali berarti pembebasan bagi orang-orang tidak banyak bergerak dalam jangka waktu lama,” ucap ilmuwan Universitas Sydney Matthew Ahmadi.

Rata-rata data kesehatan umum yang ada dari responden untuk penelitian ini selama 6,9 tahun. Peserta menggunakan akselerometer pergelangan selama tujuh hari untuk memperkirakan tingkat aktivitas fisik mereka.

Peneliti mengungkapkan 9 ribu sampai 10 ribu langkah merupakan jumlah langkah optimal untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular hingga 21 persen dan risiko kematian 39 persen.

“Melakukan antara 9 ribu dan 10 ribu langkah sehari secara optimal menurunkan risiko kematian dan kejadian kardiovaskular di antara peserta yang tidak banyak bergerak,” tandas Ahmadi.

Durasi Jalan Kaki yang Disarankan

Jalan kaki termasuk olahraga yang sangat mudah dan bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya bagi jantung.
Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari RSPI Pondok Indah Puri Indah, dr Johan Winata, SpJP, Subsp, KI(K), menjelaskan umumnya olahraga, termasuk jalan kaki, memang sangat baik untuk kesehatan jantung.

“Olahraga itu akan membuat detak jantung naik. Dengan begitu, itu bisa mempertahankan detak jantung naiknya kontinyu,” kata dr Johan dalam temu media di Jakarta Selatan, Senin (27/5/2024).

“Misalnya dia mau olahraganya jalan, itu nggak bisa sebentar-sebentar jalan. Tapi, nggak lama berhenti lagi. Itu akan membuat detak jantungnya turun lagi. Yang bagus itu, misalnya 15-30 menit jalan, ya jalan terus,” jelasnya.

Selain jalan kaki, dr Johan mengungkap olahraga lain yang direkomendasikan untuk mencegah penyakit jantung. Ada olahraga endurance, kardio, dan weightlifting.

ni bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang.

Paling nggak, kalau olahraga itu ada target, misalnya satu minggu setidaknya bisa menurunkan seribu kalori,” tuturnya.

Haruskah Jalan Kaki 10 Ribu Langkah Biar Tak Mati Muda? Begini Studinya

Share it:

Tags

Berita
Bolapelangi Login

Bolapelangi Login

BOLAPELANGI menghadirkan permainan digital terpopuler INDONESIA, Dan rasakan sensasi kemenangan terbaik, Daftar dan Login Agen BOLA PELANGI sekarang. https://shortq.link/bolapelangi

Related Post

Tinggalkan komentar