Fakta Menarik Gunung Bukitjarian di Bandung

Bopelnews  – Fakta Menarik Gunung Bukitjarian di Bandung

Gunung Bukitjarian adalah salah satu gunung di kawasan Tanjungsari, Bandung. Namanya terdengar asing, bahkan bagi warga Bandung, nama Bukitjarian lebih akrab dengan nama sebuah jalan di kawasan Ciumbuleuit.

Padahal Gunung Bukitjarian ini terbilang sering disebut oleh Franz Wilhelm Junghuhn, seorang geologis dan botanis asal Jerman. Mengutip dari laman Bandung Bergerak, Selasa, 22 Oktober 2024, di beberapa catatannya, Junghuhn menyebutkan bahwa jika melakukan perjalanan dari Bandung menuju Sumedang.

Ia akan melewati lembahan antara Gunung Manglayang dan Gunung Bukitjarian.

Gunung Bukitjarian terletak sekitar 22 kilometer ke arah timur dari pusat Kota Bandung. Secara administratif, gunung ini termasuk wilayah Kampung Rancabawang, Desa Cinanjung, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang.

Ketinggian puncaknya adalah 1.173 mdpl (Meter di atas permukaan laut). Hal ini tercatat di peta Rupa Bumi Indonesia (RBI) yang di terbitkan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG). Masih banyak hal mengenai Gunung Bukitjarian selain lokasi maupun ketinggiannya.

  1. Pemandangan Gunung Sekitarnya

Para pendaki yang ke Gunung Bukitjarian bakal terpesona dengan pemandangan yang terhampar di depan mata. Kawasan Jatinangor terbentang dengan latar belakang pegunungan Bandung Timur, seperti Gunung Manglayang, Gunung Palasari, Gunung Pangparang, Gunung Sanggara, dan bahkan Gunung Cijambu.

  1. Akses Menuju Lokasi

Perjalanan menuju Gurung Bukitjarian sangat mudah. Dari arah Kota Bandung, kita mengambil arah ke timur menuju Bundaran Cibiru, lalu ke Cileunyi dan memilih arah menuju Jatinangor, sebelum melanjutkan perjalanan menuju Tanjungsari.

Fakta Menarik Gunung Bukitjarian di Bandung

Share it:

Tags

Berita
Bolapelangi Login

Bolapelangi Login

BOLAPELANGI menghadirkan permainan digital terpopuler INDONESIA, Dan rasakan sensasi kemenangan terbaik, Daftar dan Login Agen BOLA PELANGI sekarang. https://shortq.link/bolapelangi

Related Post

Tinggalkan komentar