Keindahannya Tak Terduga, Ini 10 Destinasi Menarik di Pulau Bangka

Bopelnews Destinasi Menarik di Pulau Bangka

Tahukah Sobat , kalau provinsi ke-31 Republik Indonesia adalah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung atau sering di sebut dengan Babel? Ada 2 pulau utama di provinsi ini, yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Sebelum di pisahkan menjadi provinsi pada tahun 2000, Pulau Bangka merupakan wilayah provinsi Sumatra Selatan, lho. Kota Pangkalpinang di Pulau Bangka juga menjadi Ibu Kota dari provinsi ini.

Destinasi Menarik di Pulau Bangka

Pulau Bangka memang terkenal akan kuliner khasnya yang menggugah selera, namun keindahan pesisir pantai di Pulau Bangka pun tak ada duanya, lho! Pulau Bangka adalah destinasi wisata alam memesona yang wajib masuk daftar kunjunganmu nanti.

Nah, 10 destinasi menarik yang ada di Pulau Bangka berikut ini bisa jadi referensi yang wajib di kunjungi nanti. Cari tahu yuk, Sobat !

1 | Menikmati senja yang tak terlupakan di Tanjung Kalian

Keberadaan mercusuar di Pantai Tanjung Kalian membuat destinasi yang berjarak kurang lebih 9 km dari Kota Muntok ini menjadi salah satu spot terpopuler di Pulau Bangka. Mercusuar tersebut di bangun oleh Belanda pada tahun 1862 dan hingga kini masih beroperasi.

\Pantai ini juga menyimpan banyak sejarah yang menarik, seperti bangkai kapal bekas Perang Dunia II di dekat pesisir pantainya. Yang tak boleh ketinggalan juga adalah kuliner khas Muntok yang berada di sekitar Pantai Tanjung Kalian, di antaranya yaitu otak-otak dan pempek kulit.

2 | Mengunjungi pantai terpanjang di Pulau Bangka, Pantai Matras

Pantai Matras memiliki hamparan pasir pantai putih yang memanjakan kaki dan terbentang luas seolah tak berujung.karena Pantai Matras merupakan pantai terpanjang di Pulau Bangka lho, Sobat Pesona. Di sini, ada banyak kapal nelayan yang hilir mudik dan meramaikan suasana pantai.
 

3 | Bermain air sambil bersantai menikmati ombak di Pantai Parai, yuk!

Pantai Parai atau Pantai Parai Tenggiri termasuk salah satu pantai terbaik yang ada di Pulau Bangka. Kata tenggiri di nama pantai ini berasal dari cerita nelayan yang dulu sering mendapat ikan tenggiri saat mencari ikan di sekitar Pantai Parai.
 

4 | Pantai Batu Dinding punya keunikan yang patut di abadikan, nih!

Jangan heran ketika mendengar nama pantai unik yang satu ini, Sobat Pesona. Karena memang di sini terdapat batu yang sangat besar menyerupai dinding. Ukuran batu ini sekitar 20 x 15 meter dengan ketebalan kurang lebih hingga 5 meter.

Tak jauh dari batu berbentuk dinding ini, terdapat batu lain yang menyerupai ikan pari dan juga kodok. Wah, patut di saksikan secara langsung nih, Sobat Pesona!
 

5 | Menjelajahi agrowisata serba ada di Kebun Raya Bangka

Kebun Raya Bangka terletak di Jl. Raya Pasir Padi – Kelurahan Temberan, Kecamatan Bukit Intan. Kebun Raya ini merupakan pemanfaatan lahan eks tambang timah dan lahan kritis berupa lahan gambut dan berpasir yang di ubah menjadi kawasan agrowisata.
 

6 | Belajar sambil berburu spot foto di Hutan Wisata Bakau Munjang, di jamin seru!

Selain berfungsi sebagai penahan ombak dan penahan abrasi, hutan bakau bisa menjadi tempat wisata alam yang sejuk cocok untuk menenangkan pikiran, seperti yang ada di Hutan Wisata Bakau Munjang.

8 | Nikmati pemandangan indah Pulau Bangka dari ketinggian di Bukit Pala

Ingin melihat keindahan Pulau Bangka dengan sudut pandang yang luar biasa? Bukit Pala adalah jawabannya! Dari atas bukit, Sobat Pesona bisa menikmati indahnya langit dengan laut biru yang membentang luas bak lukisan.

9 | Mau bertemu penyu lucu? Pantai Tongaci punya penangkarannya, lho!

Berbeda dari kebanyakan pantai lain di Pulau Bangka, Pantai Tongaci memiliki pasir putih halus lengkap dengan penangkaran penyu.

Di sini, Sobat Pesona bisa mengenal lebih dalam spesies penyu sisik dan penyu hijau yang berada di kolam-kolam kecil sebagai tempat penangkaran. Pantai Tongaci berada di Kecamatan Sungailiat tepatnya di Desa Pasir.
 

10 | Menelusuri keindahan Pantai Penyusuk di antara hamparan batu granit yang instagenic

Salah satu daya tarik yang paling memikat dari Pantai Penyusuk ini adalah keberadaan batu granit yang ada di sepanjang garis pantainya. Ya, di sepanjang pantai memang tersebar bebatuan granit besar yang cocok jadi spot foto instagenic.

Itu tadi beberapa destinasi menarik nan instagenic yang bisa Sobat Pesona kunjungi saat ke Pulau Bangka.

Share it:

Tags

Berita
Bolapelangi Login

Bolapelangi Login

BOLAPELANGI menghadirkan permainan digital terpopuler INDONESIA, Dan rasakan sensasi kemenangan terbaik, Daftar dan Login Agen BOLA PELANGI sekarang. https://shortq.link/bolapelangi

Related Post

Tinggalkan komentar