Jelajah Pelabuhan 2024 Nyeruit, Budaya Khas Lampung Hadir dalam Sambal Seruit Buk Lin

Bopelnews – Jelajah Pelabuhan 2024 Nyeruit, Budaya Khas Lampung Hadir dalam Sambal Seruit Buk Lin

Provinsi Lampung ternyata tidak hanya di kenal sebagai penghasil perkebunan dan komoditas pisang. Lampung juga di kenal dengan beragam kuliner yang bisa di nikmati bagi para wisatawan, terutama yang berkunjung ke provinsi paling selatan di pulau Sumatera itu. Salah satu yang di kunjungi oleh Tim Jelajah Pelabuhan dan Logistik 2024 Bisnis Indonesia adalah Sambal Seruit Buk Lin. Berlokasi di sebelah Stadion Pahoman, Ir. H. Juanda, Bandar Lampung, Sambal Seruit jadi surganya para pecinta sambal nan pedas dan menjadi menu unggulan.

Sambal Seruit sebenarnya hampir sama dengan sambal lainnya, yaitu perpaduan cabai, terasi, tomat kecil, yang membedakannya adalah cara penyajian dan pilihan rasa.

Seruit di ambil dari kata “nyeruit”, budaya asli Lampung yang berarti makan bersama, sementara penyajian sambal seruit di sebut muput lesung yang berarti makan bersama di atas satu cobek atau ulekan. Dalam Muput Lesung, sambal akan di campur durian dan potongan ikan air tawar, kemudian di aduk rata semua sisi sambal di atas cobek.

Setelah merata lalapan, sayuran rebus seperti bayam dan labu, terong hingga nasi di tumpuk menjadi satu di atas sambal dan cobek, makanan pun siap di santap bersama sambal seruit. Perpaduan pedas, gurih dan asin dari ikan, akan menjadi unik kala bertemu dengan manisnya durian dan membuat selera sangat tergugah. Berbagai lauk yang tim Jelajah Pelabuhan dan Logistik 2024 Bisnis Indonesia pesan, terasa nikmat kala berpadu dengan Sambal Seruit.

Budaya Khas Lampung Sambal Seruit Buk Lin

Budaya nyeruit menggambakan kebersamaan antar masyarakat, bisa berseda gurau dan mempererat tali silahturahimi dengan makan bersama dalam satu wadah yang besar. “Untuk ngeliatin kebersamaan kita yang sangat ini kan, di adainlah muput kesung. Jadi makannya udah bareng-bareng, makannya barengan dalam satu piring. Jadi memperlihatkan benar-benar kan kebersamanya antar orang Lampung. Aku juga pernah kak, nyeruitin orang Bali. Dia ngomong sampe wow, sakral juga ya kak. ” ujar Alfarez kepada Bisnis. Resto khas Lampung ini ternyata juga viral di beberapa platform media sosial, mulai dari Instagram hingga TikTok. Viralnya Sambal Seruit Buk Lin membawa berkah, dalam jika di akumulasi satu bulan maka sebanyak 2000 porsi terjual setiap harinya.

Share it:

Tags

Berita
Bolapelangi Login

Bolapelangi Login

BOLAPELANGI menghadirkan permainan digital terpopuler INDONESIA, Dan rasakan sensasi kemenangan terbaik, Daftar dan Login Agen BOLA PELANGI sekarang. https://shortq.link/bolapelangi

Related Post

Tinggalkan komentar