Borussia Dortmund dan Memori Pahit Wembley yang Terulang kembali

Bopelnews – Borussia Dortmund dan Memori Pahit Wembley yang Terulang kembali

Borussia Dortmund dan Memori Pahit Wembley yang Terulang kembali , Pada tahun 2013 lalu, Borussia Dortmund kalah dalam laga final Liga Champions di Wembley. 11 tahun berselang, di tempat yang sama, memori pahit itu terulang kembali.

Dortmund kalah dari Real Madrid di final Liga Champions 2023/2024. Dalam laga puncak di Wembley, Minggu (2/6/2024), Dortmund kalah 0-2.

Dani Carvajal memecah kebuntuan untuk Madrid di menit 74 dengan sundulan dari tendangan sudut Toni Kroos. Pada menit 83, meneruskan operan Jude Bellingham, Vinicius Junior menegaskan kemenangan Madrid atas Dortmund.

3 Final Liga Champions Dortmund

Final tahun ini merupakan final Liga Champions ketiga Dortmund. Dua final sebelumnya adalah di edisi 1996/1997 dan 2012/2013.

Pada edisi 1996/1997, berhadapan dengan Juventus di Olympiastadion, Munchen. Dortmund menang 3-1. Dortmund meraih gelar Liga Champions pertama mereka, sekaligus satu-satunya hingga sekarang.

Pada edisi 2012/2013, Dortmund sukses mencapai final kedua mereka. Waktu itu, lawannya adalah sesama tim Jerman yang merupakan rival klasik mereka, yakni Bayern Munchen.

Waktu itu, Dortmund dilatih Jurgen Klopp. Dalam laga final di Wembley, Dortmund kalah.

11 tahun berselang, Dortmund kembali lolos ke final. Sama seperti final terakhirnya, final ini juga digelar di Wembley. Dortmund lagi-lagi kalah. Kali ini, Reus dan kawan-kawan kalah dari Madrid.

Final Wembley 2013: Dortmund vs Bayern

Sebelum ini, terakhir kali Dortmund mencapai final Liga Champions adalah pada tahun 2013. Di final waktu itu, Dortmund melakoni duel Der Klassiker melawan sang rival Bayern.

Dortmund lolos ke final setelah menyingkirkan Madrid, sedangkan Bayern menyingkirkan Barcelona.

Dalam partai final di Wembley, Dortmund dipaksa menyerah oleh Bayern. Di laga Der Klassiker itu, Reus dan kawan-kawan kalah 1-2.

Gol pembuka Mario Mandzukic menit 60 sempat disamakan oleh Dortmund melalui penalti Ilkay Gundogan menit 68. Namun, gol Arjen Robben menit 89 memastikan Bayern menang dan keluar sebagai juara.

Tak Ada Happy Ending buat Marco Reus

11 tahun setelah kekalahan pahit dari Bayern, Reus kembali ke Wembley untuk melakoni final lainnya. Kali ini, lawannya adalah Madrid.

Dortmund sempat membuat Madrid kerepotan di babak pertama. Namun, Dortmund tak mampu mengalahkan pemegang rekor gelar juara Liga Champions itu.

Dortmund kalah 0-2. Dortmund kembali menelan pil pahit di Wembley.

Bagi Reus, laga final kontra Madrid di Wembley tadi sekaligus menjadi laga terakhirnya berseragam Dortmund. Sayangnya, tidak ada ‘happy ending’ buat Reus

Share it:

Bolapelangi Login

Bolapelangi Login

BOLAPELANGI menghadirkan permainan digital terpopuler INDONESIA, Dan rasakan sensasi kemenangan terbaik, Daftar dan Login Agen BOLA PELANGI sekarang. https://shortq.link/bolapelangi

Related Post

Tinggalkan komentar