Alasan Mengapa Orang yang Suka Traveling Lebih Awet Muda

Menyesap Kesyahduan dan Segarnya Udara Pagi di Babakan Siliwangi
Menyesap Kesyahduan dan Segarnya Udara Pagi di Babakan Siliwangi

Bopelnews– Alasan Mengapa Orang yang Suka Traveling Lebih Awet Muda

bukan hanya bikin hati senang, tetapi juga memiliki dampak positif dalam jangka panjang. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa traveling bisa memperlambat proses penuaan atau bikin awet muda.

Temuan ini di ungkapkan oleh Fangli Hu, penulis utama studi tersebut dan kandidat PhD di Edith Cowan University, Australia. Fangli Hu mempublikasikan penelitian ini di Journal of Travel Research pada Agustus 2024. Dia dan tim menemukan bahwa traveling dapat menurunkan tingkat stres, meningkatkan metabolisme, serta mendukung regenerasi sel tubuh.

Penelitian ini menyebutkan bahwa perubahan rutinitas yang biasanya di jalani sehari-hari dengan menghadirkan pengalaman baru, baik melalui koneksi sosial, tidur yang lebih baik, maupun eksplorasi budaya, dapat memberikan manfaat bagi tubuh

Traveling dan Kesehatan Otak

Sementara itu, ahli geropsikologi dan neuropsikologi di Program Kesehatan Otak dan Pacific Neuroscience Institute, Shannel Kassis Elhelou, menambahkan bahwa teori tersebut sangat menarik.

“Hal ini sejalan dengan pilar kesehatan otak yang meliputi tidur, nutrisi, manajemen stres, olahraga, sosialisasi, dan stimulasi kognitif,” kata Elhelou.

Menurutnya,  elemen penting tersebut mulai dari aktivitas fisik hingga keterlibatan kognitif dengan pengalaman baru dan interaksi sosial selama menjelajahi budaya baru.

Hu juga menambahkan bahwa perjalanan dapat membantu mempromosikan sehat, seperti kegiatan yang mendorong banyak aktivitas fisik dan hubungan sosial. Selain itu, ia mengatakan, mencoba makanan lokal yang segar juga dapat membantu pola makan yang sehat

Potensi Bahaya

Namun, Hu juga mengingatkan bahwa tidak semua perjalanan bebas risiko. Pariwisata juga membawa potensi bahaya, seperti kecelakaan, penyakit, atau bahkan kekerasan di beberapa destinasi. “Contoh yang menonjol adalah krisis kesehatan masyarakat akibat COVID-19,” kata Hu, mengingatkan bahwa risiko seperti itu bisa mempercepat penuaan, jika tidak ditangani dengan baik.

Terlepas dari beberapa risiko tersebut, manfaat kesehatan yang terutama ketika seseorang dapat mengatur liburannya dengan baik. Jadi, jika memiliki kesempatan bepergian, untuk perjalanan jarak jauh atau hanya perjalanan singkat di akhir pekan, manfaatkan momen tersebut menjaga keseimbangan fisik dan mental. Dengan demikian, traveling tidak hanya tentang menjelajahi tempat baru, tetapi juga bisa menjadi cara untuk hidup lebih sehat dan memperlambat penuaan.

untuk hidup lebih sehat dan memperlambat penuaan bacajugayah

Alasan Mengapa Orang yang Suka Traveling Lebih Awet Muda


Share it:

Bolapelangi Login

Bolapelangi Login

BOLAPELANGI menghadirkan permainan digital terpopuler INDONESIA, Dan rasakan sensasi kemenangan terbaik, Daftar dan Login Agen BOLA PELANGI sekarang. https://shortq.link/bolapelangi

Related Post

Tinggalkan komentar