Jelajahi Desa Wisata Kaduela di Kuningan, Harus Kunjungi Telaga Birunya Sebelum Ramai

Bopelnews-Jelajahi Desa Wisata Kaduela di Kuningan, Harus Kunjungi Telaga Birunya Sebelum Ramai

Pesona keindahan alam yang ada di Kuningan Jawa Barat sangat menarik untuk dijelajahi. Apalagi jika singgah ke salah satu desa kecilnya bernama Kaduela, dijamin siapa saja akan betah.

Ya, Desa Wisata Kaduela Kuningan Jawa Barat terpilih menjadi salah satu dari 50 desa yang terpilih dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024.

Saat berkunjung ke Desa Wisata Kaduela,

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berharap agar desa ini menjadi andalan sektor pariwisata di wilayah tersebut.

Lantas, apa saja ya daya tarik dari desa Kaduela ini? Desa Kaduela merupakan salah satu dari 50 desa yang terpilih dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024.

Desa yang berada di Kecamatan Pasawahan ini memiliki potensi wisata alam berupa Telaga Biru Cicerem dengan pesona alam perairan telaga berwarna biru secara alami.

Melihat potensi ini

Sandiaga mendorong agar Desa Wisata Kaduela untuk mempersiapkan diri jadi destinasi wisata berkelas dunia.

Saya berharap di Jawa Barat juga bisa menyumbangkan sebagai desa-desa wisata terbaik di dunia. Potensi itu sudah ada, alam yang indah sudah tersedia, tinggal di gali lagi seni dan budaya (Di Desa Kaduela),” ujar Sandiaga, dalam keterangan tertulis yang diterima Rabu (24/7/2024)

Sandiaga mengatakan untuk memperkuat potensi tersebut, perlu di hadirkan atraksi, amenitas, dan aksesibilitas yang memadai di Desa Wisata Kanduela. Ketiga hal ini perlu di hadirkan melalui kolaborasi berbagai pihak.

Selain itu, Sandiaga menuturkan pihaknya senantiasa memperkuat potensi desa-desa wisata Indonesia di pasar internasional.

Ajang (ADWI) ini juga menjadi ajang untuk mempromosikan desa-desa wisata di pasar nasional maupun internasional,” katanya.

Salah satu daya tarik di Desa Kaduela adalah Telaga Remis, yakni danau yang menawarkan suasana sejuk nan permai dengan pemandangan pepohonan pinus hijau nan asri.

Berjarak kurang lebih 37 km atau dapat di tempuh 1 jam dari pusat Kota Kuningan, Telaga Remis memiliki lahan seluas 13 hektar untuk wilayah keseluruhan. Sedangkan luas danau atau telaganya hanya mencapai 3,25 hektar.

Telaga Remis menempati lahan luas keseluruhan 13 hektar dan 3,5 hektare untuk luas danau. Suasana asri bercampur dengan udara yang sejuk membuat Telaga Remis sangat pas di jadikan tempat untuk sekadar melepas kepenatan.

Adanya wahana sepeda air untuk berkeliling menambah keasyikan tersendiri saat berkunjung ke area wisata yang saat ini di kelola oleh Perum kehutanan Kabupaten Kuningan ini.

Bagi Anda yang menyukai aktivitas berjalan kaki, terdapat jalur khusus untuk pejalan kaki yang di buat untuk memutari telaga ini.

Lain lagi bagi penyuka hobi memancing, Telaga Remis menyimpan aneka ikan yang bisa di bawa pulang. Ikan seperti mujair dan ikan mas menjadi ikan yang mendominasi Telaga Remis

Jelajahi Desa Wisata Kaduela di Kuningan, Harus Kunjungi Telaga Birunya Sebelum Ramai

Share it:

Bolapelangi Login

Bolapelangi Login

BOLAPELANGI menghadirkan permainan digital terpopuler INDONESIA, Dan rasakan sensasi kemenangan terbaik, Daftar dan Login Agen BOLA PELANGI sekarang. https://shortq.link/bolapelangi

Related Post

Tinggalkan komentar