Nyeri Tak Tertahankan? Ini 4 Cara Alami Mengatasi Sakit Gigi Berlubang

Bopelnews –  Kebanyakan orang mengeluhkan kerusakan gigi akibat rasa sakit yang tak tertahankan. Untuk mengatasinya dan meredakan nyeri untuk sementara, ada beberapa cara mengatasi kerusakan gigi tanpa obat sebelum mengunjungi dokter gigi.

Saat sakit gigi terjadi, sebagian orang langsung mengonsumsi ibuprofen atau acetaminophen yang merupakan obat pereda nyeri. Namun, untuk penyakit tertentu, pengobatan tidak boleh diminum sembarangan dan harus dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

1. Berkumurlah dengan air garam

Berkumur dengan air garam merupakan pertolongan pertama dalam meredakan sakit gigi. Air garam bertindak sebagai disinfektan alami dan membantu membunuh kuman penyebab infeksi. Selain itu, berkumur sendiri dapat melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi.

Berkumur dengan air garam juga dapat meredakan peradangan pada gusi dan area mulut lainnya. Untuk membuat larutan garam, Anda bisa mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat lalu menggunakannya sebagai cairan untuk berkumur.

2. Berkumurlah dengan larutan hidrogen peroksida

Selain itu, berkumur dengan larutan hidrogen peroksida juga dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan. Selain membunuh bakteri, hidrogen peroksida dapat mengurangi plak dan meredakan gusi berdarah.

Untuk mendapatkan manfaat ini, larutkan 3 persen hidrogen peroksida dalam air dengan perbandingan yang sama, lalu berkumurlah selama 30 detik.

3. Berikan kompres dingin

Mengompresi area yang nyeri setidaknya selama 20 menit dapat membuat area tersebut mati rasa dan menghilangkan rasa sakit. Cara ini juga bisa mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Anda bisa membuat kompres dingin dengan cara merendam handuk dalam air es, menggunakan kompres es, ice gel, atau es batu yang dibungkus dengan kain. Namun, hindari mengoleskan es langsung ke kulit untuk menghindari cedera pada kulit.

4. Tempelkan pada kantong teh

Tanin yang terkandung dalam teh celup dapat membantu meredakan nyeri. Jika tidak, Anda juga bisa menggunakan varian teh mint. Kandungan mentol pada teh mint mampu membuat area gigi berlubang menjadi mati rasa dan menenangkan gusi sensitif sehingga mampu meredakan nyeri.

Untuk mendapatkan manfaat ini, biarkan kantong teh di dalam freezer selama beberapa menit hingga dingin. Kemudian tempelkan kantong teh tersebut pada soket gigi.

Sayangnya, cara mengatasi kerusakan gigi tanpa obat anti gigi berlubang di atas hanya bisa meredakan sakit gigi untuk sementara. Untuk itu, Anda tetap perlu membuat janji untuk pemeriksaan gigi.

Perawatan dini dapat mencegah kerusakan gigi semakin parah serta mengurangi risiko infeksi dan kehilangan gigi.

Nyeri Tak Tertahankan? Ini 4 Cara Alami Mengatasi Sakit Gigi Berlubang

Share it:

Tags

Berita
Bolapelangi Login

Bolapelangi Login

BOLAPELANGI menghadirkan permainan digital terpopuler INDONESIA, Dan rasakan sensasi kemenangan terbaik, Daftar dan Login Agen BOLA PELANGI sekarang. https://shortq.link/bolapelangi

Related Post

Tinggalkan komentar