Ratusan Fotografer dari 22 Negara Di ajak Abadikan Destinasi Hidden Gems di Empat Kota Pulau Jawa

Bopelnews – Sebanyak 222 pecinta fotografi dari 22 negara, termasuk fotografer profesional, bakal di ajak berkeliling dan berburu objek wisata menarik. Di empat kota Pulau Jawa. Perjalanan keliling Jawa ini akan berlangsung selama 8 hari 7 malam, 22 hingga 29 Juli 2024.

Para fotografer yang tergabung dalam Photographic Society of America Worldwide (PSA) itu, dengan biaya mandiri, di ajak berburu objek hidden gems di Yogyakarta, Magelang, Solo, dan Probolinggo, termasuk kawasan Gunung Bromo di Jawa Timur.

Selain fotografer profesional, mereka yang terlibat dalam event ini juga merupakan para pemenang kompetisi fotografi dunia dan fotografer yang aktif di media sosial.

“Event ini kami harap bisa menjadi promosi wisata efektif dan efisien bagi Indonesia. Baik dari segi biaya, waktu, maupun jangkauan promosinya,” kata Agatha Anne Bunanta, Direktur Yayasan Art Photography of Indonesia (API). Di sela pameran fotografi bertajuk My Homeland di Galeri Katamsi Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Senin, 22 Juli 2024.

Agatha mengungkap, para fotografer yang terlibat mengeksplorasi destinasi di empat kota itu antara lain. Amerika Serikat, Kanada, Tiongkok, Jerman, Australia, Mesir, Sri Lanka, India, Saudi Arabia, Oman, Vietnam, dan Taiwan.

Ada juga dari Singapura, Hongkong, Italia, Bangladesh, Filipina, Siprus, Malta, Spanyol, Indonesia, Inggris, dan Selandia Baru.

Objek wisata yang diburu

Di Yogyakarta misalnya, para fotografer itu di ajak membidik keindahan para penari saat beraksi di bentang alam Gumuk Pasir, pesisir selatan Kabupaten Bantul. Lalu di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, para fotografer di ajak mengabadikan tradisi Karapan Sapi Brujul.

Selain itu, mereka bakal di ajak menyambangi peninggalan sejarah yang hanya ada dua di dunia yakni Gereja Merah. Gereja peninggalan Belanda itu hanya ada di Probolinggo dan Belanda. Para fotografer juga bakal di ajak menyambangi Klenteng Sumber Naga di Kota Probolinggo yang sudah ada sejak 1865.

Agatha menuturkan, mereka tak memasukkan list berburu objek di Bali karena Bali sudah sangat populer di mata dunia.

“Targetnya kali ini mengangkat hidden gems yang di mulai dari Pulau Jawa. Untuk Bali agenda tentatif mereka karena semua biaya swadaya,” kata Agatha yang juga menjabat sebagai International Relationships Vice President PSA itu.

Pameran Fotografi

Sebelum para fotografer itu berkeliling ke empat kota yang di tuju. Mereka di ajak menggelar pameran bersama bertajuk My Homeland. Yang berkolaborasi dengan Fakultas Seni Media Rekam (FSMR) Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Dalam pameran fotografi yang di pusatkan di Galeri Katamsi ISI Yogyakarta mulai 23 Juli hingga 12 Agustus itu. Para fotografer dari negara-negara anggota PSA di ajak memperkenalkan tanah air mereka dengan tema pendidikan, budaya, pariwisata dan kesenian.

Pameran ini menampilkan 262 karya fotografi dari 203 fotografer PS. Dan 46 fotografer dari dosen dan mahasiswa Program Studi Fotografi FSMR ISI Yogyakarta.

Baca juga : Rekomendasi Game untuk Kamu

Ajang Belajar Fotografi

Rektor ISI Yogyakarta Irwandi mengatakan. Pameran fotografi berskala internasional ini menjadi ajang belajar bersama yang menarik sekaligus menantang bagi para mahasiswa. Ajang ini juga menjadi pengenalan ISI dan Yogyakarta di mata dunia.

“Dari pameran bersama ini, peserta dari mahasiswa ISI Yogyakarta dan peserta dari mancanegara yang terlibat. Bisa sama sama memperluas wawasan dan imajinasi melalui karya fotografi dari berbagai belahan dunia,” kata Irwandi.

Dalam pameran yang di kurasi bersama pihak PSA dan juga perwakilan FSMR ISI Yogyakarta Oscar Samaratungga itu. Para peserta bisa belajar salah satunya trend budaya yang sedang berkembang di dunia.

Dekan FSMR ISI Yogyakarta Edial Rusli menjelaskan lewat pameran ini genre yang di angkat jenis salon foto, bukan fine art atau pun fotografi komersial.

“Jadi pameran ini ajang edukasi, untuk menaikkan dunia fotografi secara natural yang sekarang di kepung kemajuan teknologi AI (artificial intelligence), ” kata Edial

Para fotografer yang terlibat banyak mengeksplorasi keindahan dunia baik itu landscape, arsitektural hingga human interest.

Share it:

Tags

Berita
Bolapelangi Login

Bolapelangi Login

BOLAPELANGI menghadirkan permainan digital terpopuler INDONESIA, Dan rasakan sensasi kemenangan terbaik, Daftar dan Login Agen BOLA PELANGI sekarang. https://shortq.link/bolapelangi

Related Post

Tinggalkan komentar