Minat Wisata Selam Dinilai Kembali Stabil Usai Pandemi

Bopelnews – Minat Wisata Selam Dinilai Kembali Stabil Usai Pandemi

Minat Wisata Selam Dinilai Kembali Stabil Usai Pandemi , Wisata selam (diving) digemari sejumlah orang dan dikategorikan sebagai niche tourism.


Martin Wetik, Anggota Dewan Pengawas Perkumpulan Usaha Wisata Selam Indonesia (PUWSI), menuturkan, meski tak termasuk mass tourism, peminat wisata selam nampak meningkat, terutama saat pandemi Covid-19 di nyatakan berakhir.

Namun jika melihat kondisi saat ini, menurut Martin, tren wisata selam kembali stabil dan merata. Tak terlalu tinggi peminatnya, juga tak begitu minim.

Pasalnya, infrastruktur sekitar spot menyelam terbaik di Indonesia, masih perlu di tingkatkan untuk menaikkan minat wisata ini.

Mengingat pada beberapa tahun belakangan, sejumlah penginapan terdampak dan ada yang harus gulung tikar akibat minimnya pendapatan saat pandemi.

“Tinggal kesiapan infrastruktur pendukung wisatanya aja. Baik kapal, pesawat, dan resort-nya itu sendiri. Kita harus tumbuh. Kalau tidak, mereka juga tidak menciptakan lapangan pekerjaan,” ungkap Martin.

Selanjutnya, ada Bunaken, yang di sebut Martin sebagai destinasi selam terbaik di Indonesia karena Sulawesi sendiri di kenal sebagai pulau terdalam dengan palung dan lembah.

Tak lupa Raja Ampat yang juga menjadi destinasi wisata selam populer dengan keanekaragaman hayati laut terkaya di dunia.

Soal tarif wisata selam, Martin menuturkan, bujetnya tidak bisa di kategorikan mahal jika di bandingkan aktivitas lain, misalnya golf.

Harga sewa lapangan golf setengah hari bisa mencapai Rp 2 juta.

“Jadi sebenarnya, wisata selam itu tidak mahal, yang mahal itu adalah biaya perjalanan untuk menunjang perjalanan kita, untuk kebutuhan,” tutur Martin.

Bujet wisata selam bisa lebih murah, bila memilih bepergian sendiri (backpacker) atau bergabung dengan komunitas untuk mendapat informasi penginapan murah, sampai biaya wiisata selam lebih terjangkau, seperti di sampaikan Martin.

Share it:

Tags

Bolapelangi Login

Bolapelangi Login

BOLAPELANGI menghadirkan permainan digital terpopuler INDONESIA, Dan rasakan sensasi kemenangan terbaik, Daftar dan Login Agen BOLA PELANGI sekarang. https://shortq.link/bolapelangi

Related Post

Tinggalkan komentar