10 Hal yang Harus Di ketahui Sebelum Mendaki Gunung Demi Keselamatan

Bopelnews – 10 Hal yang Harus Di ketahui Sebelum Mendaki Gunung Demi Keselamatan

Pendakian gunung merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan sekaligus menantang.
Namun, untuk pemula, pendakian dapat menjadi pengalaman yang berat jika tidak di persiapkan dengan baik.

Bagi Anda yang ingin memulai perjalanan mendaki, ada beberapa hal penting yang harus di perhatikan agar pendakian bisa berjalan lancar dan aman.

Hal yang harus di ketahui sebelum mendaki gunung Mendaki Gunung Demi Keselamatan

Di lansir dari laman travelandleisure dan Kompas.com, berikut adalah delapan tips yang wajib Anda ketahui sebelum memulai petualangan di alam bebas.

Pilih jalur yang sesuai kemampuan

Pendaki pemula sering kali memilih jalur yang terlalu sulit. Pastikan untuk memilih jalur yang lebih pendek dan tidak terlalu menantang.

Latihan sebelum pendakian

Mendaki gunung memerlukan kekuatan fisik. Latihlah diri Anda jauh sebelum pendakian dengan berjalan di medan berbukit atau melakukan hiking pendek sambil membawa ransel.

Uji peralatan sebelum di gunakan

Ujilah peralatan seperti sepatu, ransel, dan tenda sebelum di gunakan dan jangan gunakan peralatan baru langsung di jalur pendakian.
Pastikan semua peralatan bekerja dengan baik untuk menghindari ketidaknyamanan selama pendakian.

Bawa air yang cukup

Membawa air yang cukup sangat penting. Sebagai aturan umum, bawalah satu liter air untuk setiap lima kilometer pendakian.Selain itu, pastikan Anda memiliki alat untuk memurnikan air di jalur pendakian agar tidak perlu membawa terlalu banyak air sekaligus.

Kemas barang dengan bijak

Hindari membawa barang yang terlalu berat. Batasi beban tidak lebih dari 25 persen berat badan Anda dan bawalah hanya perlengkapan yang benar-benar di butuhkan, seperti tenda, kantong tidur, makanan, dan air.

Siapkan diri untuk keadaan darurat

Beritahu rencana pendakian Anda kepada seseorang di rumah dan bawalah perangkat komunikasi seperti GPS atau peluit.
Menggunakan aplikasi seperti What 3 Words juga dapat membantu Anda di temukan jika tersesat.

Bawa kantung sampah dan jaga kebersihan

Penting untuk mematuhi prinsip Leave No Trace (tidak meninggalkan jejak) dengan membawa pulang semua sampah dan menjaga kebersihan jalur pendakian.
Jangan merusak lingkungan sekitar dan hindari membuat api unggun di tempat yang tidak di tentukan.

Jangan bergantung pada ponsel untuk navigasi

Bawalah peta jalur fisik sebagai cadangan. Ponsel dapat cepat kehabisan baterai, terutama di pegunungan yang dingin. Peta tahan air dan pengisi daya surya bisa menjadi alternatif untuk navigasi selama pendakian.

Hindari mendaki sendiri jika belum berpengalaman

Pendakian lebih aman dan menyenangkan jika di lakukan bersama teman. Jika tidak ada yang bisa menemani, ikuti rombongan lain dan pastikan keluarga atau teman terdekat tahu rencana dan lokasi Anda.

Gunakan Sepatu dan Kaos Kaki Mendaki

Pastikan Anda memakai sepatu dan kaos kaki mendaki yang di rancang khusus. Peralatan yang tepat akan memberikan kenyamanan dan mengurangi risiko cedera selama pendakian.

Share it:

Tags

Berita
Bolapelangi Login

Bolapelangi Login

BOLAPELANGI menghadirkan permainan digital terpopuler INDONESIA, Dan rasakan sensasi kemenangan terbaik, Daftar dan Login Agen BOLA PELANGI sekarang. https://shortq.link/bolapelangi

Related Post

Tinggalkan komentar