Snapdragon 8 Elite Meluncur, iPhone 16 Wajib Waspada

Bopelnews  Snapdragon 8 Elite Meluncur, iPhone 16 Wajib Waspada

Qualcomm memperkenalkan chipset terbaru mereka, Snapdragon 8 Elite, dengan fabrikasi 3nm yang dapat lebih menunjang penggunaan AI dalam perangkat ponsel.


Snapdragon 8 Elite akan menjadi mesin dari seri Samsung Galaxy S25 serta semua ponsel Android flagship di tahun mendatang.

Qualcomm memamerkan produk terbarunya ini pada Senin (21/10).

Mereka mengungkap berbagai peningkatan pada saat Snapdragon Summit tahunan pembuat chip tersebut, mulai dari fabrikasi 3nm hingga efisiensi daya yang di berikan.

Qualcomm mengatakan setidaknya ada 9 pabrikan ponsel yang akan menyematkan Snapdragon 8 Elite pada produknya, di antaranya Samsung, OnePlus, Asus, Xiaomi, Honor, Oppo.

Sementara itu, Samsung di perkirakan akan meluncurkan Galaxy S25 pada Januari, dan pada saat itu akan terlihat apakah Snapdragon 8 Elite hanya di sematkan di Galaxy S25 Ultra

secara global atau apakah itu di tampilkan di model S25 lainnya di luar Amerika Utara.

Beberapa ponsel di prediksi akan menggunakan Snapdragon 8 Elite.

Asus berencana untuk mengungkapkan ROG Phone 9 dengan chipset baru tersebut pada November. Honor Magic 7 juga di sebut akan menggunakan chipset terbaru Qualcomm ini.

Adam Zeng dari Xiaomi pada Snapdragon Summit di Hawaii bahkan telah mengumumkan seri Xiaomi 15 akan menjadi “smartphone pertama yang di tenagai oleh Snapdragon 8 Elite secara global.”

Performa


Seperti silikon A18 Apple, Snapdragon 8 Elite akan di buat dengan fabrikasi 3nm, sebuah peningkatan dari proses 4nm yang di gunakan Snapdragon 8 Gen 3 saat ini.

Semakin kecil fabrikasinya, semakin dekat transistor yang di kemas bersama, sehingga meningkatkan kinerja dan efisiensi daya.

Selain itu, CPU Kryo yang di gunakan pada chipset Snapdragon 8 sebelumnya di gantikan oleh versi CPU Oryon Qualcomm yang di khususkan untuk perangkat mobile.

Oryon adalah CPU yang terdapat pada silikon Qualcomm Snapdragon X Elite untuk komputasi terkoneksi,

dan Qualcomm mengatakan bahwa menggunakan versi generasi kedua dari chip tersebut akan mengoptimalkan pengalaman menjelajah, bermain game, dan pengalaman lainnya pada perangkat seluler.

CPU Oryon yang di gunakan untuk Snapdragon 8 Elite memperkenalkan arsitektur baru dengan dua inti utama yang berjalan pada 4,3GHz dan enam inti kinerja,

yang di rancang untuk menangani tugas-tugas intensif sembari memaksimalkan efisiensi daya.

Qualcomm menghilangkan core efisiensi dari versi Oryon ini, melanjutkan tren penggunaan core efisiensi yang lebih sedikit pada CPU-nya.

Mikroarsitektur ini juga memperkenalkan pre-fetcher data yang menurut Qualcomm dapat mendongkrak performa. Mikroarsitektur ini mendukung fitur Instant Wake yang pada dasarnya

menghilangkan urutan pengaktifan sehingga sebuah core dapat langsung mengerjakan tugas yang ada.

Dalam hal kinerja, Qualcomm mengatakan bahwa mereka chipset ini akan memberi peningkatan sebesar 45 persen

pada tugas-tugas single-core dan multicore di atas Snapdragon 8 Gen 3,

dengan penjelajahan web yang meningkat sebesar 62 persen. Pada saat yang sama, efisiensi daya CPU akan meningkat 44 persen dengan CPU Oryon.

Qualcomm membagikan beberapa hasil benchmark untuk Snapdragon 8 Elite, di mana perangkat yang di tenagai oleh chipset ini

mencatatkan skor rata-rata single dan multicore sebesar 3.221 dan 10.426 pada Geekbench 6.

Hasil tersebut membuat skor single-core Snapdragon 8 Elite akan setara dengan hasil 3.386 yang di peroleh iPhone 16 Pro Max. Namun,

skor multicore akan mengungguli skor iPhone 16 Pro Max sebesar 26 persen.

Snapdragon 8 Elite Meluncur, iPhone 16 Wajib Waspada

Share it:

Bolapelangi Login

Bolapelangi Login

BOLAPELANGI menghadirkan permainan digital terpopuler INDONESIA, Dan rasakan sensasi kemenangan terbaik, Daftar dan Login Agen BOLA PELANGI sekarang. https://shortq.link/bolapelangi

Related Post

Tinggalkan komentar