Begini Cara Otak Mengatur Ingatan Pengalaman Hidup Kita seperti di Film-Film

Bopelnews –  Begini Cara Otak Mengatur Ingatan Pengalaman Hidup Kita seperti di Film-Film

Sering kali kita hanya mudah mengingat pengalaman atau adegan yang bermakna dalam hidup kita. Sementara ingatan detail yang lain, seperti mudah lupa. Lantas bagaimana otak mengaturnya ya?
Seperti dalam film, ternyata otak bisa membagi pengalaman menjadi beberapa segmen atau adegan. Setiap segmen memuat berbagai pengalaman yang tersimpan dalam memori kita.

Namun, bagaimana cara kerjanya?

Cara Otak ‘Membentuk’ Adegan dari Pengalaman Bermakna Kita

Profesor psikologi dari Universitas Columbia, Christopher Baldassano, mengatakan ingin memahami apa yang mengarahkan otak untuk membentuk batasan seputar peristiwa sehari-hari, yang pada dasarnya berubah dari satu “adegan” ke “adegan” lainnya.

Misalnya, saat seseorang berpindah dari satu tempat ke tempat lain, otak akan menciptakan atau beralih ke adegan baru. Jadi, meskipun terjadi perubahan lingkungan, seseorang tidak selalu membentuk segmen atau adegan baru dalam otak.

Untuk menguji hipotesis ini, Baldassano dan timnya membuat 16 narasi audio yang menggambarkan berbagai adegan dengan situasi berbeda. Para relawan mendengarkan audio tersebut sambil menjalani Functional Magnetic Resonance Imaging (fMRI) untuk melacak perubahan aktivitas otak mereka.

Hasilnya, studi ini mengungkapkan adanya perbedaan individu dalam membayangkan narasi menjadi adegan di dalam otak.

“Kita dapat memilih apa yang kita perhatikan dan apa yang kita ingat.

Kondisi Otak yang Kesulitan Menentukan Adegan

Meski begitu, para peneliti juga menemukan bahwa beberapa orang mengalami kesulitan menentukan adegan dalam otak.

“Pergeseran fokus ini dapat membantu mengubah cara otak membingkai cerita atau jenis detail,” tuturnya.

Banyak dari kita lebih mudah mengingat momen-momen penting dalam hidup, sementara detail-detail kecil seringkali terlupakan. Pertanyaannya, bagaimana otak kita mengatur dan memproses ingatan ini?

Pembentukan Adegan dalam Otak

 Profesor psikologi dari Universitas Columbia, Christopher Baldassano, meneliti bagaimana otak membentuk batasan antara berbagai peristiwa sehari-hari. Misalnya, ketika kita berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain, otak menciptakan atau beralih ke adegan baru.

Untuk mengeksplorasi hipotesis ini, Baldassano dan timnya menyusun 16 narasi audio yang menggambarkan berbagai situasi. Para relawan mendengarkan audio tersebut sambil menjalani pemindaian Functional Magnetic Resonance Imaging (fMRI) untuk mengamati aktivitas otak mereka.

Hasil penelitian menunjukkan adanya variasi individu dalam membayangkan narasi tersebut sebagai adegan di dalam otak.

“Kita memiliki kendali atas apa yang kita perhatikan dan yang kita ingat, Ini berarti kita masih bisa mengatur pengalaman kita sendiri,” ujar David Clewett, asisten profesor psikologi di University of California, Los Angeles (UCLA), dalam wawancara dengan *Live Science*.

Tantangan dalam Pembentukan Adegan

Namun, tidak semua orang mampu dengan mudah menentukan adegan dalam otak mereka. Penelitian menemukan bahwa kondisi seperti gangguan stres pascatrauma, demensia, dan penuaan dapat menghambat proses ini.

Baca juga : Sering Buang Air Kecil & Cara Mengatasinya

Begini Cara Otak Mengatur Ingatan Pengalaman Hidup Kita seperti di Film-Film

Share it:

Tags

Berita
Bolapelangi Login

Bolapelangi Login

BOLAPELANGI menghadirkan permainan digital terpopuler INDONESIA, Dan rasakan sensasi kemenangan terbaik, Daftar dan Login Agen BOLA PELANGI sekarang. https://shortq.link/bolapelangi

Related Post

Tinggalkan komentar