Kenali Manfaat Minum Air Hangat pada Pagi Hari untuk Kesehatan

Bopelnews  Kenali Manfaat Minum Air Hangat pada Pagi Hari untuk Kesehatan

Mengonsumsi air hangat di pagi hari mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat nyata.

Minum air putih di pagi hari sangatlah penting karena memiliki banyak manfaat. Apalagi ketika seseorang baru bangun dari tidur, biasanya cenderung mengalami dehidrasi.

Saat tidur, seringkali tubuh tidak mendapat cukup cairan selama kurang lebih 8 jam. Oleh karena itu, wajar jika seseorang merasa haus saat bangun tidur.

Air tentunya dapat membantu menghidrasi tubuh setelah berjam-jam tanpa cairan dan berperan dalam mengembalikan fungsi organ tubuh. Selain itu, meminum air hangat juga di ketahui bermanfaat bagi kesehatan.

Apalagi jika Anda meminum air hangat di pagi hari saat cuaca dingin atau sedang sakit. Menurut Medical News Today, sebenarnya belum ada penjelasan atau penelitian konkrit mengenai manfaat minum air hangat di pagi hari.

Pasalnya, semua air yang di minum pada suhu berapa pun tetap dapat menunjang kesehatan secara keseluruhan. Namun, selama ribuan tahun, mengonsumsi air hangat di yakini memberikan berbagai manfaat tambahan bagi kesehatan.

Misalnya, seseorang yang mengalami hidung tersumbat di anjurkan minum air hangat untuk meredakan kondisi tersebut. Pasalnya, air hangat menghasilkan uap yang dapat di hirup dan membantu mencairkan lendir di hidung.

Air hangat juga di percaya dapat membantu mengendurkan otot-otot pada sinus, ruang kosong berisi udara di wajah. Sehingga lendir yang terperangkap di dalamnya bisa lebih mudah keluar atau keluar.

Manfaat Kesehatan Minum Air Hangat di Pagi Hari

1. Meningkatkan pencernaan yang lebih sehat

Air hangat di ketahui dapat melancarkan pencernaan karena di katakan mampu memecah makanan yang sulit di cerna di usus dan mengurangi sembelit. Sekadar informasi, tidak hanya air hangat saja, air putih biasa pun sangat membantu melancarkan pencernaan.

2. Sirkulasi darah lebih baik

Air hangat juga di katakan berkontribusi pada sirkulasi darah yang lebih baik karena memiliki efek vasodilatasi. Artinya air hangat melebarkan pembuluh darah, melancarkan sirkulasi darah, mengendurkan otot, dan menghilangkan rasa sakit.

3. Detoksifikasi tubuh

Menurut sejumlah pendapat, air hangat juga di ketahui dapat membantu proses detoksifikasi tubuh. Pasalnya, air yang suhunya cukup panas atau hangat dapat meningkatkan suhu tubuh seseorang dan menimbulkan keringat, sehingga keringat mengeluarkan racun dan dapat membantu membersihkan pori-pori.

Keuntungan berikutnya

4. Mengurangi rasa sakit

Namun, belum ada penelitian yang menunjukkan hubungan langsung antara konsumsi air panas dengan pereda nyeri. Namun mengonsumsi air hangat dapat membantu melancarkan sirkulasi dan memperlancar aliran darah, terutama pada otot yang cedera.

5. Penurunan berat badan

Berdasarkan penelitian yang di lakukan, sudah lama di yakini bahwa minum air putih dapat membantu menurunkan berat badan. Air meningkatkan rasa kenyang dan membantu tubuh menyerap nutrisi dan menghilangkan produk limbah.

6. Meredakan pilek atau infeksi sinus

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, mengonsumsi air hangat membantu mengatasi gejala pilek, terutama hidung tersumbat atau sinus tersumbat. Air hangat, terutama uap, di ketahui dapat membantu membersihkan sinus.

Minum air hangat juga membantu lendir keluar lebih cepat, apalagi jika hidung tersumbat bisa mengencerkan lendir di hidung.

Selain itu

7. Mengurangi stres

Mengonsumsi air hangat juga di percaya dapat mengurangi stres karena kehangatannya membantu menenangkan atau menghilangkan rasa cemas. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa mengonsumsi air hangat seperti teh atau kopi dapat mengurangi stres.

Meski penelitian menunjukkan bahwa beberapa efek tersebut di sebabkan oleh kafein, minuman hangat juga berperan penting dalam meningkatkan mood orang yang stres atau cemas.

8. Mengatasi flu

Air hangat tentu membantu tubuh mengatasi masalah pilek, apalagi saat cuaca cenderung lebih dingin dari biasanya di pagi hari. Minum air hangat di pagi hari membantu tubuh terhindar dari masuk angin saat bangun tidur.

9. Baik di konsumsi saat batuk berlendir

Jika seseorang mengalami batuk berdahak, sangat di sarankan untuk meminum air hangat. Karena batuk berdahak cenderung mengeluarkan lendir, minum air hangat dapat meredakannya karena dapat mengencerkan lendir sehingga lebih mudah di keluarkan.

Kenali Manfaat Minum Air Hangat pada Pagi Hari untuk Kesehatan

Share it:

Tags

Kesehatan
Bolapelangi Login

Bolapelangi Login

BOLAPELANGI menghadirkan permainan digital terpopuler INDONESIA, Dan rasakan sensasi kemenangan terbaik, Daftar dan Login Agen BOLA PELANGI sekarang. https://shortq.link/bolapelangi

Related Post

Tinggalkan komentar