7 Cara Menurunkan Gula Darah Tanpa Obat, Gampang Di lakukan

Bopelnews – 7 Cara Menurunkan Gula Darah Tanpa Obat, Gampang Di lakukan

Apa bisa menurunkan gula darah dengan mudah? Tentu saja bisa. Simak cara menurunkan gula darah tanpa obat yang mudah di lakukan berikut ini.
Tubuh mengatur gula darah dengan memproduksi insulin yang memungkinkan sel menggunakan gula dalam darah. Namun, ada banyak faktor kadar gula dalam darah jadi tak terkontrol hingga mengakibatkan hiperglikemia atau gula darah tinggi.

Sebagian orang dengan hiperglikemia perlu mengonsumsi obat tertentu untuk menurunkan gula darah.

Cara menurunkan gula darah tanpa obat

Meski tidak sampai hiperglikemia, tapi kadar gula darah bisa saja naik. Kenaikannya pun kerap tidak menunjukkan gejala.

Oleh karenanya, penting untuk mengatur kadar gula darah. Tanpa obat, berikut beberapa cara yang bisa di terapkan.

1.Lawan mager

Lawan mager dengan olahraga dan gerak sepanjang hari. Kegiatan ini akan membantu Anda mengatur berat badan dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Melansir dari Healthline, peningkatan sensitivitas insulin berarti sel Anda dapat menggunakan glukosa dalam aliran darah dengan lebih efektif.

Olahraga setidaknya 150 menit per minggu yang bisa di bagi dalam sesi-sesi ringkas 10-15 menit.

Selain itu, strategi ‘exercise snack’ juga efektif menambah gerak. Buat yang bekerja di belakang meja seharian, coba beri jeda tiap 30-60 menit dengan gerakan fisik sederhana misal peregangan, jalan kaki di sekitar kantor atau rumah, naik tangga.

2.Tambah asupan serat

Menurunkan gula darah sebenarnya tak sulit. Cukup tambah porsi serat harian Anda.

Serat memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula, sehingga mendorong penurunan kadar gula darah secara bertahap.

Ada dua jenis serat, yakni serat larut dan serat tidak larut. Keduanya penting, tapi serat larut terbukti meningkatkan pengelolaan gula darah.

Pangan tinggi serat antara lain sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh.

3.Cukupi kebutuhan cairan

Saat kebutuhan cairan tubuh tercukupi, kadar gula darah bisa terjaga dalam jumlah yang sehat. Cairan memastikan tubuh terhindar dari dehidrasi dan membantu ginjal membuang kelebihan gula lewat urine.

Sebuah ulasan studi observasional pada 2021 menemukan, orang yang minum lebih banyak air memiliki risiko lebih rendah terkena kadar gula darah tinggi.

4.Makan serat dulu, baru karbohidrat

Komposisi makanan yang di konsumsi mungkin sama, tapi akan muncul perbedaan saat dikonsumsi dengan cara yang berbeda.

Salah satu cara menurunkan gula darah tanpa obat adalah awali makan dengan menyantap pangan berserat.

Melansir dari Health, penelitian menunjukkan, konsumsi karbohidrat setelah sayur-sayuran menghasilkan kadar gula darah lebih rendah setelah makan.

5.Jalan kaki setelah makan

Usai makan, sebaiknya ambil waktu untuk jalan kaki sebentar. Jalan kaki memungkinkan tubuh membakar karbohidrat yang baru saja di konsumsi sehingga gula darah turun.

Jalan kaki juga meningkatkan efektivitas kerja insulin untuk membersihkan gula dari darah Anda.

6.Konsumsi pangan fermentasi

Proses fermentasi merupakan konversi karbohidrat menjadi alkohol atau asam organik menggunakan mikroorganisme dalam kondisi anaerobik. Makanan fermentasi contohnya kefir, kombucha, kimchi, tempe, natto, miso, dan sauerkraut.
Konsumsi pangan fermentasi dapat memperlambat penyerapan karbohidrat sehingga menurunkan kadar gula darah setelah makan.

7.Pilih pangan tinggi kromium dan magnesium

Biasanya orang di sarankan untuk memilih pangan rendah indeks glikemik untuk jaga gula darah. Sebenarnya selain itu, di sarankan pula untuk mengonsumsi pangan tinggi kromium dan magnesium.

Cara ini dapat menurunkan kadar gula darah tanpa obat. Kenapa? Kromium dapat meningkatkan reaksi insulin sehingga membantu regulasi gula darah. Sementara pola makan kaya magnesium berkaitan dengan penurunan risiko diabetes.

Pangan tinggi kromium antara lain, daging sapi, ayam, biji-bijian utuh, buah, sayuran, dan kacang almond. Sementara magnesium bisa didapat dari sayuran berdaun gelap, biji labu, tuna, pisang, alpukat, dan kacang polong.

Bopelnews – 7 Cara Menurunkan Gula Darah Tanpa Obat, Gampang Dilakukan

7 Cara Menurunkan Gula Darah Tanpa Obat, Gampang Dilakukan

Share it:

Tags

Berita
Bolapelangi Login

Bolapelangi Login

BOLAPELANGI menghadirkan permainan digital terpopuler INDONESIA, Dan rasakan sensasi kemenangan terbaik, Daftar dan Login Agen BOLA PELANGI sekarang. https://shortq.link/bolapelangi

Related Post

Tinggalkan komentar