10 Manfaat Ikan Salmon dan Kandungan Gizinya

Bopelnews – 10 Manfaat Ikan Salmon dan Kandungan Gizinya

Manfaat ikan salmon untuk kesehatan tidak perlu di ragukan lagi. Soalnya, ikan laut yang berasal dari Samudera Pasifik dan Samudra Atlantik ini mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh dan mampu melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit.

Ikan salmon termasuk salah satu ikan paling bergizi untuk dikonsumsi. Ikan yang berwarna kemerahan dan bertekstur lembut ini merupakan sumber asam lemak omega-3 dan protein berkualitas tinggi yang rendah merkuri. Oleh sebab itu, tidak heran jika ada banyak manfaat ikan salmon bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Gizi Ikan Salmon

Dalam seporsi ikan salmon mentah yang setara sekitar 100 gram, terkandung 142 kalori dan beragam nutrisi berikut:

  • 20 gr protein
  • 6 gr lemak
  • 30 mg magnesium
  • 490 mg kalium
  • 36 mcg selenium
  • 25 mcg folat
  • 12 mcg vitamin A

Ikan salmon juga banyak mengandung asam amino dan lemak sehat, seperti asam lemak omega-3 (EPA dan DHA). Salmon juga mengandung vitamin B, vitamin D, zat besi, zinc, kalsium, dan fosfor

Beragam Manfaat Ikan Salmon bagi Kesehatan

Dengan sederet kandungan gizi yang dimilikinya, ada beberapa manfaat ikan salmon yang bisa Anda peroleh, yaitu

Memperkuat daya tahan tubuh

Berkat kandungan vitamin A di dalamnya yang cukup tinggi, konsumsi ikan salmon secara rutin diketahui dapat meningkatkan imunitas tubuh. Ini karena vitamin A dapat mendukung produksi dan kinerja sel darah putih dalam melawan infeksi bakteri, virus, dan parasit. Dengan begitu, tubuh pun tidak akan mudah sakit. 

Mengontrol berat badan

Konsumsi ikan salmon juga diketahui dapat mengontrol berat badan. Manfaat ikan salmon ini berasal dari kandungan protein di dalamnya yang dapat mengatur hormon yang mengendalikan nafsu makan dan memberikan efek kenyang lebih lama. Dengan begitu, Anda terhindar dari keinginan makan berlebih dan berat badan pun lebih terkontrol

Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3, vitamin A, zat besi, folat, dan protein. Sejumlah nutrisi tersebut di ketahui mampu merangsang pertumbuhan dan meningkatkan kekuatan rambut serta melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Alhasil, kesehatan kulit dan rambut pun tetap terjaga.

Mengontrol tekanan darah

Manfaat ikan salmon selanjutnya adalah mengontrol tekanan darah. Ikan ini mengandung kalium yang mampu mengontrol tekanan darah dengan cara membuang natrium berlebih di dalam tubuh. 

Tidak hanya itu, kandungan kalium dalam ikan salmon juga dapat merelaksasikan dinding pembuluh darah sehingga peredaran darah menjadi lancar dan tekanan darah pun lebih terkontrol. 

Menjaga kesehatan jantung

Konsumsi ikan salmon secara rutin di ketahui dapat memberikan segudang manfaat bagi kesehatan jantung. Soalnya, ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang cukup tinggi yang berperan penting dalam mengurangi peradangan dan mencegah penumpukan plak di dinding pembuluh darah jantung (aterosklerosis).

Selain itu, asam lemak omega-3 juga bisa menurunkan kadar trigliserida dalam darah dan membantu mengontrol tekanan darah tetap stabil. Dengan demikian, fungsi dan kesehatan jantung bisa terjaga dengan baik.

Menjaga kesehatan tulang

Manfaat ikan salmon berikutnya adalah menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Ini karena ikan salmon termasuk salah satu sumber kalsium, selenium, fosfor, protein, dan vitamin D yang penting untuk mendukung kesehatan dan kekuatan tulang. 

Dengan tercukupinya kebutuhan kalsium, selenium, fosfor, protein, dan vitamin D harian Anda, Anda pun akan terlindungi dari berbagai penyakit tulang, seperti osteoporosis

Mendukung kesehatan dan fungsi otak

Kandungan asam lemak omega-3 dan antioksidan, seperti astaxanthin, pada ikan salmon juga berperan penting dalam memelihara kesehatan dan fungsi otak. Pasalnya, berbagai nutrisi tersebut di ketahui dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi serta memperlambat penuaan otak

Selain itu, asam lemak omega-3 dalam ikan salmon juga mampu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otak janin, bayi, dan anak-anak

Membantu mencegah dan meringankan gejala depresi

Ikan salmon juga bisa di jadikan sebagai salah satu pilihan makanan untuk membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Manfaat ikan salmon satu ini di ketahui berasal dari kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya yang dapat membantu meningkatkan suasana hati

Mencegah demensia

Seiring bertambahnya usia, kemampuan kognitif seseorang akan mengalami penurunan. Kondisi ini biasanya di kaitkan dengan kesulitan dalam mengingat dan bisa menjadi gejala awal demensia.

Beberapa penelitian menemukan bahwa orang yang mengalami penurunan kognitif cenderung memiliki kadar DHA yang rendah. Oleh karena itu, asupan DHA perlu di cukupi, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 seperti ikan salmon Dengan begitu, risiko terjadinya demensia pun bisa menurun

Mencegah penyakit mata

Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin A. Kedua kandungan tersebut di ketahui dapat meningkatkan produksi minyak mata untuk air mata, mengurangi peradangan di sekitar mata, dan menjaga kornea mata tetap lembap. 

Hal inilah yang menjadikan ikan salmon baik di konsumsi untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah berbagai penyakit mata, seperti mata kering, katarak, dan degenerasi makula.

Untuk memaksimalkan manfaat ikan salmon bagi kesehatan, sebaiknya pilihlah ikan salmon segar yang di tangkap langsung dari laut atau ikan salmon kalengan yang rendah garam (natrium). Anda juga di sarankan untuk tidak berlebihan mengonsumsi ikan salmon, yakni hanya 2 porsi seminggu.

Tidak hanya itu, perhatikan juga cara mengolah ikan salmon. Beberapa orang bisa berisiko tinggi terinfeksi cacing parasit, jika mengonsumsi ikan mentah atau setengah matang.

Agar manfaat ikan salmon tidak hilang dan bisa meminimalkan risikonya, usahakan selalu mengolah atau memasaknya dengan baik dan benar. Cara terbaik untuk mengolah ikan salmon adalah dengan merebus, memanggang, atau membakarnya.

Jika masih memiliki pertanyaan seputar manfaat ikan salmon, janganlah ragu untuk berkonsultasi  akan memberikan saran konsumsi ikan salmon yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Konsultasi ini bisa di lakukan dengan mudah dan tanpa antre 

Share it:

Tags

Berita
Bolapelangi Login

Bolapelangi Login

BOLAPELANGI menghadirkan permainan digital terpopuler INDONESIA, Dan rasakan sensasi kemenangan terbaik, Daftar dan Login Agen BOLA PELANGI sekarang. https://shortq.link/bolapelangi

Related Post

Tinggalkan komentar